Header Ads

Breaking News

Rudal Korut Yang Terobos Langit Hokkaido Bisa Menjangkau Guam


Akurat24jam - Peluru Kendali (Rudal) balistik jarak menengah (IRBM) Hwasong-12 Korea Utara (Korut) yang ditembakkan menerobos langit Hokkaido, Jepang, kemarin, sr=ecara data bisa menjangkau Guam, wilayah Amerika Serikat (AS) di Pasifik.

Menurut militer Korea Selatan, rudal Pyongyang yang melewati pulau Hokkaido dan mendarat di Samudera Pasifik mencapai ketinggian sekitar 770 km (478 mil), terbang sejauh 3.700 km. Sedangkan jarak Guam dengan Korut sekitar 3.400km. Artinya, senjata rezim Kim Jong-un itu mampu mencapai wilayah AS di Pasifik Barat tersebut.

Namun, militer AS meremehkan kemampuan senjata Pyongyang itu dengan mengklaim tidak akan menimbulkan ancaman bagi wilayah Guam.

Menteri Pertahanan Jepang Itsunori Onodera yakin bahwa Guan saat ini berada dalam "pikiran" Korut. "Kita tidak berasumsi niat Korea Utara, tapi mengingat apa yang dikatakannya, saya pikir ini Guam," katanya.

Onodera memperingatkan bahwa tindakan Pyongyang serupa akan berlanjut mengingat fakta bahwa rudal terbaru nekat ditembakkan meski negara itu barusaja terkena sanksi keras Dewan Keamanan PBB.

Sanksi dijatuhkan hari senin lalu sebagai respon atas uji coba senjata nuklir Korea Utara jenis Bom Hidrogen pada 3 September.

Guam sendiri sudah jauh hari di ancam akan diserang militer Korea Utara. Wilayah yang jadi pangkalan militer AS di Pasifik Barat itu pernah diancam rezim Pyongyang dengan Serangan empat rudal balistik jarak menengah. Namun peminpin Korut Kim Jong -un akhirnya mennda serangan sambil melihat perilaku Washington terhadap Pyongyang.




No comments