Header Ads

Breaking News

Bukan Ancaman, Alasan AS Tidak Tembak Jatuh Rudal Korut


Akurat24jam - Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS), Jim Mattis, mengatakan bahwa AS belum mencoba menembak jatuh rudal Korea Utara (Korut). Mattis beralasan tidak satupun dari rudal yang diluncurkan Pyongyang menimbulkan ancaman terhadap AS.

"Pertama, rudal tersebut tidak secara langsung mengancam kita. Jelas, pertahanan rudal jepang sudah siap dan radar mereka beroperasi," katanya kepada wartawan di Pentagon.

Mattis mengindikasikan bahwa Korut tampaknya sengaja menjalankan latihan pengujian rudal untuk memancing tanggapan yang lebiih agresif dari AS.

"Korea Utara dengan sengaja menekan amplop hanya untuk mengetahui seberapa jauh mereka memberikan tekanan tanpa harus melewati batas yang akan membuat mereka rentan, jadi mereka mengarahkannya ke tengah-tengah Samudera Pasifik," tutur Mattis.

Mattis juga mengatakan AS memiliki opsi militer yang tidak akan menempatkan Seoul, Korea Selatan, menghadapi risiko dari agresi Utara. "Ya, ada tapi saya tidak akan membahasnya secara rinci," kata Mattis.

Perencana militer telah lama khawatir akan pecahnya permusuhan akan segera menyebabkan rezim tersebut menembaki kota berpenduduk 25 juta dengan ribuan artileri yang ditempatkan di sepanjang perbatasan.





No comments