Header Ads

Breaking News

Unik Banget Tata Cara Makan Beberapa Negara Di Dunia

Sebagai negara yang masih memegang teguh ada ketimuran nya, masyarakat Indonesia selalu memprioritaskan tentang kesopanan dan tata krma . Mulai dari cara berbicara , berjalan hingga hal sederhana seperti makan smeua memiliki aturan tata krama yang dianggap baik. Anggapan ini tidak sekedar asal-asalan ,pasalnya masyratkat Indonesia memegang percaya bahwa tingkat kesopanan seseorang bisa dinilai dari seberapa baik dia menjalankan kehidupan dengan tatakrama dan menghormati yang lebih tua.


Untuk urursan cara makan,orang Indonesia memiliki dua cara yakni memakai sendok atau tangan. Masing-masing masih dianggap sopan selama tidak bersendawa ketika makan bersama dan lain sebagainya . Lain hal nya dnegan beberapa negara di dunia,mereka juga memiliki tata cara unik ketika makan atas nama etika dan kesopanan . Negara mana sajakah kira-kira??





Spayol

unk-tata-cara-makan-spanyol

Negara yang khas dengan tradisi matadornya ini ternyata memiliki tata cara unik ketika makan yang dinamkaan sobremesa. Dalam bahasa Inggris sobremesa diartikan sebagai after dining atau setelah makan. Artinya masyarakat Spanyol percaya dan memegang teguh tradisi bahwa setelah makan ,mereka tidak diperbolehkan langsung meninggalkan meja makan melainkan harus diam dulu hingga dirasa makanan nya benar-benar sudah masuk perut. Sembari menunggu makanan benar-benar turun ke perut,mereka biasa nya mengobrol atau menceritakan sesuatu . Tradisi ini memang sudah sejak lama dilakukan masyarakat Spanyol ,apa lagi menikmati makan bersama bisa dipastikan semuanya akan sobremesa setelah makanan habis.




Jerman

kentang-jerman

Salah satu negara di bagian Eropa Barat yang memiliki tata cara unik ketika makan adalah negara Jerman . Masyarakat Jerman memang dikenal mengkonsumsi roti atau kentang sebagai makanan pokok. Jadi seperti hal nya nasi di Indonesia ,di Jerman hampir setiap hari roti dan kentang dikonsumsi oleh semua warganya. Dan salah satu keunikan tata cara makanya orang Jerman terletak pada waktu menyantap kentang . Kentang yang sering kali direbus sebelum disantap harus dihancurkan menggunakan garpu. Mungkin terdengar tidak praktis tapi memang tata cara nya seperti itu,jika ada yang meghhancurkan kentang dengan menggunakan pisau makan dianggap tidak memiliki sopan santun.




Jepang -Korea
makan-habis-jepang

Tingkat kesopanan masyarakat Asia Timur mremang sudah tidak diragukan lagi deh. Mereka sangat menjunjung tinggi kesopanan ,tradisi dan budaya para leluhur nya . Tidak terkecuali soal makanan ,mereka sangat memperhatikan tata caranya agar tak luput menghormati orang yang lebih tua . Di Jepang dan Korea ,masyarakat nya selalu makan dengan sumpit . Karena itulah ,menusuk makanan dengan sumpit serta beradu sumpit tidak diperbolehkan . Mau ambil lauk sekecil atau sebesar apa pun harus memakai sumpit. Jika makanan yang disajikan adalah sup mereka boleh memakai sendok dan sebelum makan terlebih dahulu harus mencium bau nya dan meminum kua nya. Hal ini dianggap sangat menghormati dan memuji masakan nya enak. Di dua negara ini , mempersilahkan orang yang lebih tua mengambil makanan dulu dianggap sangat sopan. Tidak boleh ada sisa jika makan bersama orang Jepang dan Korea,karena jika iya mereka menggangap hal tersebut adalah hinaan .




Inggris

makan-pakai-tangan

Bagi masyarakat Indonesia,makan menggunakan tangan secara langusng sudah tidak aneh lagi. Namun bagi beberapa negara-negara seperti di Eropa atau Amerika pasti dianggap sedikit jorok dan menjijikan. Akan tetapi hal tersebut tidak berlaku bagi orang Inggris . Mereka terbiasa makan asparagus dengan tangan secara langsung . Asparagus adalah sayuran rendah kalori yang sering diolah menjadi makanan di Eropa . Mereka memotong bagian pangkal asparagus yang memang teksturnya lebih keras dibandingkan yang lain dengan dengan tangan kemudian mengunyah bagian lain nya. Sementara asparagus dinikamati ,bagian pangkal yang telah dipotong tadi tetap ditaruh di atas piring hingga makan selesai . Tata cara seperti ini sudah sejak lama dipakai oleh masyarakat Britania Raya , Inggris.




Thailand

thailand-makan



Negeri 1000 Pagoda Thailand ternyata juga termasuk negara dengan tata cara makan yang unik di dunia. Hal-hal mistis dan berbagai mitos yang hadir dalam kepercayaan masyarakat Thailand ternyata juga memberi efek kebudayaan yang beraneka ragam. Seperti tata cara mkaan yang mengharuskan posisi telapak kaki tidak boleh terlihat ketika lesehan atau posisi kepala saat duduk juga tidak boleh lebih tinggi dari patung Buddha atau Raja yang ada di rumah. Tidak hanya itu saja, masyarakat Thailand selalu menikmati makan dalam diam atau tanpa bercanda karena jika mereka bercanda nasinya akan dicuri oleh hantu. Unik nya lagi ,ketika makan sambil bersandar mereka akan terlahir sebagai ular dikehidupan reinkarnasi mendatang.


Itulah tatacara unik makan dari beberapa negara yang ada didunia . Meskipun berbeda-beda tapi semuanya memiliki maksud yang sama yakni menjaga etika dan kesopanan. Jika anda sedang bertamu,apa lagi orang asing diluar Indonesia hal terbaik adalah ikut menghargai tradisi-tradisi atau kebiasaaan contoh nya seperti tata cara makan mereka. Karena titik kehormatan seseorang juga berasal dari seberapa besar mereka menghargai orang yang lain.

No comments